PERSAINGAN DUNIA

Posted: October 29, 2009 in Uncategorized

Akhir bulan Maret 2001 Direktur Pelaksana 3com menyatakan keyakinannya bahwa dari prakiraan pangsa pasar komputer saku yang berkisar antara 6-7 juta pemakai di seluruh dunia, maka Palm series akan tetap mendominasi pasar komputer saku (”pocket computer“) generasi terbaru yang akan segera diluncurkan. Presiden Direktur Pemasaran Asia-Pasifik Hewlett Packard menjelang peluncuran perdana produk komputer saku unggulannya menjelaskan kepada CNBC-Asia 17 April y.l., bahwa perusahaannya mengeluarkan produk terbaru perangkat mobile pocket computer sebagai jawaban atas tuntutan kebutuhan spesifik tenaga profesional yang mobile. Lebih jauh dijelaskan bahwa ada 2 type tenaga professional yang aktivitasnya berbisnis dengan bepergian secara intensif ke berbagai penjuru dunia, yakni type pertama yang aktivitas kerjanya adalah mempersyaratkan tersedianya fasilitas komunikasi telepon selular secara intensif namun kurang membutuhkan komunikasi data dokumen. Type kedua aktivitas kerjanya baru dapat terlaksanakan sepenuhnya dengan tersedianya fasilitas komunikasi data dokumen tulis atau menggunakan e-mail yang intensif. Profesional mobile type kedua inilah yang sesungguhnya membutuhkan kelengkapan komputer saku atau pocket computer.

Komputer saku generasi mutakhir dilengkapi dengan fasilitas browser Internet, e-mail, layar monitor berwarna, kelengkapan multi media, dan fasilitas serupa Windows Media Player yang dapat dipakai untuk mendengarkan audio dan video musik digital MP3. Alat ketik atau input data dengan pena stylus pada sistem layar sentuh (“u-touch-screen” ) disamping tampilan papan ketik pada layar komputer. Selain dengan dukungan instalasi software yang semakin mendekati kemampuan komputer note book, maka komputer saku dimotori prosesor sekelas 133 Mhz dengan kapasitas memori terpasang untuk RAM dan ROM masing-masing 16 MB. Pada beberapa keluaran merk memori komputer dapat ditingkatkan lagi dengan menancapkan tambahan kartu memori Flash. Produsen yang telah mulai menurunkan produk andalannya di ajang persaingan komputer saku, antara lain; Palm series keluaran 3com, HP dengan Jornada seri 545, Cassiopeia dari CASIO, Research-in-Motion (RIM), dst. Harga produk saling bersaing diseputar angka US$ 500.

Namun perlu diingat bahwa akibat adanya batasan kapasitas memori serta dimensi layar pada komputer saku, maka untuk Internet pelanggan sebenarnya lebih tepat disebut “mencuplik” (web clipping) dan bukannya “berselancar” (web surfing) sebagaimana halnya kebiasaan di komputer PC atau note book. Cuplikan web didapat dengan berlangganan kepada jasa penyedia Internet terlebih dahulu. Pemakai juga perlu amat selektif apabila melakukan download file yang besar. Untuk dapat menikmati kecanggihan komputer saku maka pemakai perlu berlangganan kepada penyedia jaringan komunikasi satelit dan Internet. Pilihan sistem komunikasi data dengan Wireless Application Protocol (WAP) atau dilewatkan melalui telepon genggam terlebih dahulu. Para calon pemakai komputer saku agaknya dapat juga bersiap untuk memakainya di Indonesia, karena ternyata telah ada perusahaan telekomunikasi nasional yang menyediakan teknologi komunikasi WAP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s